CHEPS Universitas Indonesia http://cheps.or.id Health Research and Development Services. Tue, 27 Mar 2018 10:52:39 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.5.15 Tools Pengembangan Pra Clinical Pathway Dan Evaluasi Clinical Pathway (Versi Beta 1) http://cheps.or.id/tools-pengembangan-pra-clinical-pathway-dan-evaluasi-clinical-pathway-versi-beta-1/ http://cheps.or.id/tools-pengembangan-pra-clinical-pathway-dan-evaluasi-clinical-pathway-versi-beta-1/#respond Tue, 27 Mar 2018 10:15:39 +0000 http://cheps.or.id/?p=860 Clinical pathway adalah sebuah proses yang melibatkan multidisiplin yang berfokus pada perawatan pasien dengan diagnosis atau prosedur tertentu secara berkelanjutan, tepat waktu untuk mendapatkan hasil terbaik yang telah ditentukan, dengan sumber daya yang ada. Dengan adanya clinical pathway maka RS akan memiliki perencanaan dalam merawat pasien sehingga diharapkan pelayanan menjadi lebih efektif, terjaga mutunya dengan biaya yang terkendali. Dengan demikian, keberadaan clinical pathway menjadi sangat penting bagi rumah sakit di Indonesia.

Tujuan pengembangan aplikasi Tools Pengembangan Pra Clinical Pathway Dan Evaluasi Clinical Pathway ini adalah memfasilitasi rumah sakit agar dapat dengan mudah menganalisis data medik pasiennya sehingga dapat digunakan sebagai evidence dalam menyusun clinical pathway dan mengevaluasi clinical pathway yang telah ditetapkan.

Perlu kami sampaikan bahwa aplikasi ini merupakan produk dari kegiatan penelitian “Pengembangan Clinical Pathway di Rumah Sakit Dalam Kerangka Implementasi INA CBG”. Kami, dari Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia bekerjasama dengan Ristek Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia dalam penyusunan aplikasi ini. Ungkapan terima kasih kami haturkan kepada Direktorat Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang telah mendanai penelitian ini (tahun 2013-2014) serta semua pejabat dan staf DRPM Universitas Indonesia yang telah memfasilitasi kami dengan sangat baik dalam penelitian ini.

Kami memiliki komitmen agar semua pihak khususnya fasilitas kesehatan dapat mengkases dan memanfaatkan aplikasi ini dengan mudah dan tanpa biaya. Oleh karenanya, kami telah mendaftarkan dan memperoleh Hak Cipta atas aplikasi Tools Pengembangan Pra Clinical Pathway Dan Evaluasi Clinical Pathway  dengan No. C00201602748 guna menghindari adanya pihak lain yang mengakui dan menjualnya.

Untuk Download Installer dan Manual Aplikasi ClinPath dapat klik link dibawah ini:

Download Clinpath 1.8

Manual_ClinPath

]]>
http://cheps.or.id/tools-pengembangan-pra-clinical-pathway-dan-evaluasi-clinical-pathway-versi-beta-1/feed/ 0
Pelatihan Penguatan Pengajaran Ekonomi Kesehatan http://cheps.or.id/pelatihan-pengajaran-ekonomi-kesehatan/ http://cheps.or.id/pelatihan-pengajaran-ekonomi-kesehatan/#respond Tue, 20 Feb 2018 03:49:14 +0000 http://cheps.or.id/?p=850 Indonesian Health Economics Association (Ina-HEA) merupakan perkumpulan peminat ilmu ekonomi kesehatan di Indonesia. Ina-HEA berupaya memberikan sumbangsih dalam pemecahan masalah kesehatan bangsa dan berkontribusi nyata untuk memajukan sistem kesehatan, baik pada tingkat nasional maupun daerah. Hal tersebut diwujudkan melalui kegiatan pelatihan, yang harapannya dapat mengakomodasi pemenuhan kebutuhan keahlian bidang ekonomi kesehatan di era JKN,yaitu dengan mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang memahami penyelenggaraan program JKN melalui pemahaman mendalam mengenai ilmu ekonomi kesehatan.

Berkaitan dengan hal tersebut, bersama ini kami mengundang Bapak/Ibu menjadi peserta atau mendaftarkan staf Bapak/Ibu, untuk mengikuti Pelatihan Penguatan Pengajaran Ekonomi Kesehatan yang akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal : Selasa – Kamis/13 – 15 Maret 2018
Waktu : 09.00 – 16.00 WIB
Tempat : Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan Universitas Indonesia, Depok 16424

Untuk informasi lebih lanjut, Bapak/Ibu dapat menghubungi Sdri. Zahrina di 0812-9127-0431 atau email ke info@cheps.or.id.

Demikian kami sampaikan, atas perhatian dan partisipasi Bapak/Ibu kami menghaturkan terima kasih.

Hormat kami,
NB:
SEAT TERBATAS 30 PESERTA

? Pendaftaran silahkan mengisi FORM sebelum tanggal 10 Maret 2018 (s/d kuota terpenuhi) pada Link Pendaftaran: http://bit.ly/PelatihanMaret2018
? kemudian melakukan Pembayaran ke Rekening BNI 028.455..8674 A/N PKEKK TRAINING (Investasi Rp 2.000.000,-)
? Konfirmasi Pendaftaran dan Pembayaran: 0812-9127-043 (Seat Approval setelah konfirmasi disertai bukti bayar)

]]>
http://cheps.or.id/pelatihan-pengajaran-ekonomi-kesehatan/feed/ 0
List Pelatihan CHEPS UI 2018 http://cheps.or.id/list-pelatihan-cheps-ui-2018/ http://cheps.or.id/list-pelatihan-cheps-ui-2018/#comments Fri, 02 Feb 2018 03:55:36 +0000 http://cheps.or.id/?p=856 Undang-Undang Sistem Jaminan Sosial Nasional (UU SJSN) yang telah diimplementasikan pada tahun 2014, salah satunya dalam bentuk program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) telah menggariskan pokok-pokok pendanaan dan pembayaran prospektif yang akan mendorong dilakukannya sebuah evaluasi ekonomi kesehatan. Bagaimanapun, sumber dana akan selalu terbatas dan masyarakat yang dijamin akan selalu menuntut lebih dari yang diperlukan.

Ilmu ekonomi kesehatan semakin penting dalam pendanaan sistem kesehatan nasional yang berujung pada peningkatan kendali mutu dan kendali biaya. Kajian ekonomi seperti obat yang paling cost-effective, prosedur perawatan yang efisien, besaran iuran, besaran tarif, dan keadilan dalam pembayaran tenaga kesehatan akan menjadi topik hangat di masa mendatang. Tantangan JKN akan semakin berat dengan berbagai permasalahan kesehatan lama yang belum terpecahkan, seperti distribusi SDM yang belum merata, kualitas layanan yang belum memuaskan, perlindungan keuangan peserta yang belum terjamin, dan lain-lain. Selain itu, juga dihadapkan dengan tantangan baru untuk mampu memberikan pelayanan yang efektif dengan tetap menjaga efisiensi biaya, mengingat keterbatasan sumber daya yang dimiliki.

Center for Health Economics and Policy Studies (CHEPS) atau Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan (PKEKK) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia didirikan pada tanggal 1 Desember 1998 dengan tujuan untuk mengakomodasi kebutuhan kajian ekonomi dalam pembangunan bidang kesehatan dan praktik pelayanan kesehatan di Indonesia. CHEPS berupaya memberikan sumbangsih dalam pemecahan masalah kesehatan bangsa dan berkontribusi nyata untuk memajukan sistem kesehatan, baik pada tingkat nasional maupun daerah dengan memberikan jasa layanan, berupa penelitian, pelatihan, dan konsultasi dalam berbagai bidang, terutama terkait dengan ekonomi kesehatan dan kebijakan kesehatan.

Khususnya untuk jasa layanan berupa pelatihan, CHEPS merupakan pusat kajian yang unggul dan fokus dalam pengembangan ilmu ekonomi kesehatan dan kebijakan kesehatan melalui pemberian pelatihan kepada sumber daya manusia di Indonesia.

Untuk tahun 2018, berbagai pelatihan akan ditawarkan oleh CHEPS, dengan judul sebagai berikut: (1) Penghitungan Unit Cost Layanan di Fasilitas Kesehatan; (2) Pemanfaatan Data Rumah Sakit sebagai Upaya Efisiensi dalam Implementasi Ina-CBGs & DRG Payment System; (3) Dasar-Dasar Evaluasi Ekonomi Kesehatan & Health Technology Assessment; dan (4) Aplikasi Ekonometrik dalam Riset Kesehatan.

]]>
http://cheps.or.id/list-pelatihan-cheps-ui-2018/feed/ 1
Studi Banding Tim Hasanuddin CONTACT (Center for Tobacco Control & NCD Prevention) http://cheps.or.id/studi-banding-tim-hasanuddin-contact-center-for-tobacco-control-ncd-prevention/ http://cheps.or.id/studi-banding-tim-hasanuddin-contact-center-for-tobacco-control-ncd-prevention/#respond Thu, 18 Jan 2018 08:56:51 +0000 http://cheps.or.id/?p=832 Tim Hasanuddin CONTACT (Center for Tobacco Control & NCD Prevention)  yang berada di bawah naungan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Makassar melakukan studi banding ke Center for Health Economics and Policy Studies (CHEPS) Univertas Indonesia. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka untuk melakukan benchmarking terutama terkait pelaksanaan program pengendalian tembakau di Indonesia.

 

Dalam kunjungannya, tim yang dipimpin oleh Prof. Dr.dr.H.M.Alimin Maidin, MPH tersebut bertemu dengan sejumlah anggota dari CHEPS UI terutama pihak-pihak yang banyak menjalankan program pengendalian tembakau di Indonesia. Materi yang dapatkan tim pada kesempatan tersebut adalah terkait Program-program yang dimiliki dan dijalankan oleh CHEPS, Pengalaman CHEPS dalam menjalankan Program pengendalian konsumsi rokok, hingga beberapa tips dan masukan terkait Program pengendalian konsumsi rokok yang mungkin dapat dilaksanakan oleh Tim Hasanuddin CONTACT.

]]>
http://cheps.or.id/studi-banding-tim-hasanuddin-contact-center-for-tobacco-control-ncd-prevention/feed/ 0
Kaleidoskop 2017: Marginalisasi Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) di Era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) http://cheps.or.id/kaleidoskop-2017-marginalisasi-upaya-kesehatan-masyarakat-ukm-di-era-jaminan-kesehatan-nasional-jkn/ http://cheps.or.id/kaleidoskop-2017-marginalisasi-upaya-kesehatan-masyarakat-ukm-di-era-jaminan-kesehatan-nasional-jkn/#respond Tue, 02 Jan 2018 01:31:47 +0000 http://cheps.or.id/?p=808 Center for Health Economics and Policy Studies (CHEPS) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia menyelengarakan kegiatan Kaleidoskop dengan tajuk Marginalisasi Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) di Era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan hasil refleksi mengenai pentingnya pelaksanaan dan revitalisasi Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) sebagai upaya edukasi dari hasil evaluasi pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk perbaikan kebijakan pembiayaan ke depan.

Dalam pelayanan kesehatan, sejatinya upaya kesehatan perorangan (UKP) dan upaya kesehatan masyarakat (UKM) harus seimbang. Namun kini, di era JKN, dirasakan pelayanan kesehatan perorangan lebih mendominasi dibandingkan pelayanan kesehatan masyarakat. Pemerintah kerap ‘kebakaran jenggot’ bila tidak ada dokter spesialis bertugas di daerah tersebut, namun acuh bila tidak terdapat tenaga kesehatan masyarakat seperti sanitarian dan gizi. Dukungan secara eksplisit pada UKP lambat laun menyebabkan pengambil kebijakan kian fokus pada UKP dan seakan meng-anak-tiri-kan UKM. Terdapat penurunan kinerja UKM sejak lahirnya JKN. Studi CHEPS UI berdasarkan Susenas 2013 dan 2015 menunjukkan adanya penurunan cakupan imunisasi dan ASI eksklusif masing-masing sebesar 14% dan 63% sebelum dan sesudah adanya JKN.

Permasalahan UKM sejatinya sangat kompleks mulai dari penganggaran yang sangat kecil, kurangnya fasilitas, kurangnya SDM kesehatan masyarakat (kesmas) akibat moratorium dan sibuknya Puskesmas melayani lonjakan pasien JKN yang datang berobat sehingga keteteran menjalankan program promotif dan preventifnya, padahal ia adalah ujung tombak UKM.

Sangat mendesak untuk melakukan langkah nyata membenahi UKM. Penguatan Puskesmas untuk kembali pada tupoksi membina kesehatan wilayah, melaksanakan upaya kesehatan komprehensif baik UKP maupun UKM sangat penting dilakukan. Pemenuhan kebutuhan SDM kesmas, peningkatan anggaran, perbaikan pemanfaatan dana kapitasi, menghidupkan UKBM serta pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal harus terus diupayakan.

Penguatan UKM diharapkan dapat menekan angka morbiditas yang membebani JKN dan mengurangi laju defisit pembiayaan di masa mendatang. Upaya kesehatan masyarakat diyakini mampu mengendalikan biaya kesehatan karena menjaga masyarakat tetap sehat, menurunkan resiko terjadinya suatu penyakit termasuk penyakit kronis yang berbiaya mahal. Hal ini secara langsung akan mendukung sustainibilitas JKN karena tingginya klaim biaya kesehatan yang membebani BPJS sebagian besar justru berasal dari penyakit tidak menular yang notabenenya dapat dicegah, seperti diabetes mellitus, hipertensi, gagal ginjal, kanker, penyakit jantung, dan sebagainya.

Sudah saatnya UKM bangun dari tidur panjang, diperkuat, didukung semua pihak dan berjalan beriringan dengan UKP demi tercapainya derajat kesehatan masyarakat. 

 

Informasi berita terkait:

http://www.mnctrijayafm.com/news/detail/17616/era-jkn-upaya-kesehatan-perorangan-dan-masyarakat-harus-seimbang 

http://m.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabek-nasional/17/12/21/p1bb29284-pemerintah-diminta-fokus-pada-pencegahan-penyakit

https://lifestyle.okezone.com/read/2017/12/23/481/1835089/orang-sakit-kronis-tambah-banyak-yang-berobat-di-era-jkn

http://m.suarakarya.id/detail/49824/Marginalisasi-Upaya-Kesehatan-Masyarakat-UKM-di-Era-Jaminan-Kesehatan-Nasional-JKN

http://news.metrotvnews.com/peristiwa/9K5RA8nN-difteri-bukti-minimnya-keberpihakan-atas-kesehatan-masyarakat

http://lifestyle.indopos.co.id/read/2017/12/22/120734/Marginalisasi-Upaya-Kesehatan-Masyarakat-di-Era-Jaminan-Kesehatan-Nasional

http://www.rri.co.id/post/berita/471438/kesehatan/buruknya_ukm_sebabkan_merebaknya_wabah_difteri.html

 

]]>
http://cheps.or.id/kaleidoskop-2017-marginalisasi-upaya-kesehatan-masyarakat-ukm-di-era-jaminan-kesehatan-nasional-jkn/feed/ 0
Pelatihan November 2017 Second Announcement http://cheps.or.id/pelatihan-november-2017-second-announcement/ http://cheps.or.id/pelatihan-november-2017-second-announcement/#respond Fri, 10 Nov 2017 02:22:59 +0000 http://cheps.or.id/?p=802 Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (PKEKK FKM UI) merupakan pusat kajian yang unggul dan fokus dalam pengembangan ilmu ekonomi dan kebijakan kesehatan salah satunya melalui pemberian pelatihan kepada sumber daya manusia di Indonesia.  Sehubungan dengan hal tersebut, bersama ini kami mengundang Bapak/Ibu untuk ikut berpartisipasi dalam pelatihan yang akan kami selenggarakan pada 20-25 November 2017 di Kampus UI Depok.

 

Pelatihan yang akan kami selenggarakan diantaranya adalah:

Topik                  : Penghitungan Unit Cost Layanan di Fasilitas Kesehatan

Hari/Tanggal      : Senin-Rabu, 20-22 November 2017

Lokasi                : Kampus UI Depok

Pemateri            : Dr. Atik Nurwahyuni, SKM,M.Kes & Amila Megraini, SE, MBA

 

Topik                  : Pembiayaan Kesehatan- District Health Account (DHA)

Hari/Tanggal      : Senin-Rabu 20-22 November 2017

Lokasi                : Kampus UI Depok

Pemateri            : Prof. dr. Ascobat Gani, MPH, Dr.PH

 

Topik                  : Pemanfaatan Data Rumah Sakit sebagai Upaya Efisiensi dalam Implementasi INA-CBGs

Hari/Tanggal      : Kamis-Sabtu, 23-25 November 2017

Lokasi                : Kampus UI Depok

Pemateri            : Dr. Atik Nurwahyuni, SKM,M.Kes

Biaya Investasi   : Rp 2.000.000/Training; Harga spesial untuk pendaftaran 2 topik pelatihan Rp 3.500.000

 

Paket Termasuk :

Training kit, coffee break, makan siang, sertifikat

Aplikasi tools penyusunan clinical pathway & evaluasi clinical pathway (topik 3)

 

Catatan:

Peserta dapat membawa data dari instansi masing-masing dengan konfirmasi terlebih dahulu kepada panitia agar dapat disiapkan template nya.

 

Registrasi dapat dilakukan secara online melalui bit.ly/pelatihanCHEPSUI

 

Untuk informasi lebih lanjut, Bapak/Ibu dapat menghubungi Sdri. Nabilla melalui no. Tlp./Faks.: 021 7875576/HP: 087885783737 atau email: info@cheps.or.id / nabila.dhisti@ui.ac.id

Demikian informasi ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu kami menghaturkan terima kasih.

 

Besar harapan kami agar Bapak/Ibu dapat ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini

Hormat kami,

Nabilla

Sekretariat PKEKK FKM UI

]]>
http://cheps.or.id/pelatihan-november-2017-second-announcement/feed/ 0
Pelatihan November 2017 http://cheps.or.id/pelatihan-nov-2017/ http://cheps.or.id/pelatihan-nov-2017/#respond Mon, 23 Oct 2017 02:45:22 +0000 http://cheps.or.id/?p=793 Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (PKEKK FKM UI) merupakan pusat kajian yang unggul dan fokus dalam pengembangan ilmu ekonomi dan kebijakan kesehatan salah satunya melalui pemberian pelatihan kepada sumber daya manusia di Indonesia.  Sehubungan dengan hal tersebut, bersama ini kami mengundang Bapak/Ibu untuk ikut berpartisipasi dalam pelatihan yang akan kami selenggarakan pada 20-25 November 2017 di Kampus UI Depok.

 

Pelatihan yang akan kami selenggarakan diantaranya adalah:

Topik                  : Penghitungan Unit Cost Layanan di Fasilitas Kesehatan

Hari/Tanggal    : Senin-Rabu, 20-22 November 2017

Lokasi                : Kampus UI Depok

Pemateri            : Dr. Atik Nurwahyuni, SKM,M.Kes & Amila Megraini, SE, MBA

 

Topik                  : Pembiayaan Kesehatan- District Health Account (DHA)

Hari/Tanggal    : Senin-Rabu 20-22 November 2017

Lokasi                : Kampus UI Depok

Pemateri            : Prof. dr. Ascobat Gani, MPH, Dr.PH

 

Topik                  : Pemanfaatan Data Rumah Sakit sebagai Upaya Efisiensi dalam Implementasi INA-CBGs

Hari/Tanggal    : Kamis-Sabtu, 23-25 November 2017

Lokasi                : Kampus UI Depok

Pemateri            : Dr. Atik Nurwahyuni, SKM,M.Kes

 

Biaya Investasi   : Rp 2.000.000/Training; Harga spesial untuk pendaftaran 2 topik pelatihan Rp 3.500.000

Paket Termasuk :

  • Training kit, coffee break, makan siang, sertifikat
  • Aplikasi tools penyusunan clinical pathway & evaluasi clinical pathway (topik 2)

Catatan:

Peserta dapat membawa data dari instansi masing-masing dengan konfirmasi terlebih dahulu kepada panitia agar dapat disiapkan template nya.

Registrasi dapat dilakukan melalui email info@cheps.or.id dengan subjek Pelatihan_Unit Cost/RS/DHA_Nama dan melampirkan formulir pendaftaran.

Untuk informasi lebih lanjut, Bapak/Ibu dapat menghubungi Sdri. Nabilla melalui no. Tlp./Faks.: 021 7875576|HP: 087885783737 atau email: info@cheps.or.id / nabila.dhisti@ui.ac.id

]]>
http://cheps.or.id/pelatihan-nov-2017/feed/ 0
The 1st South East Asia Public Health Nutrition (SEAPHN) Conference 14-17th May 2017 in Kuala Lumpur, Malaysia. http://cheps.or.id/the-1st-south-east-asia-public-health-nutrition-seaphn-conference-14-17th-may-2017-in-kuala-lumpur-malaysia/ http://cheps.or.id/the-1st-south-east-asia-public-health-nutrition-seaphn-conference-14-17th-may-2017-in-kuala-lumpur-malaysia/#respond Wed, 17 May 2017 03:41:02 +0000 http://cheps.or.id/?p=780 Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan (PKEKK) Universitas Indonesia kali ini menghadiri The 1st South East Asia Public Health Nutrition (SEAPHN) Conference yang bekerja sama dengan Nutrition Society of Malaysia sebagai bagian dari Konferensi Ilmiah Nasional-nya yang ke-32. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 14 – 17 Mei 2017 di Hotel Istana, Kuala Lumpur. Konferensi kali ini mengambil tema ‘Together in Advancing Public Health Nutrition’ yang bertujuan untuk menyatukan keberagaman para stakeholder untuk saling berbagi dan berdiskusi tentang pengetahuan ilmiah, pengalaman, kebijakan intervensi efektif, strategi, program penelitian, dan peraturan terkini untuk mempromosikan dan mempertahankan gizi kesehatan masyarakat di wilayah Asia Tenggara.
Lebih dari 44 pembicara yang merupakan pakar gizi-kesehatan dunia serta 480 peserta yang terdiri dari ahli kesehatan masyarakat, ahli gizi, dietisien, ahli pangan, penentu kebijakan dari pemerintah, akademisi, pusat penelitian, organisasi profesi dan juga industri makanan yang berasal dari 14 negara di Asia Pasifik menghadiri konferensi yang terdiri dari 12 simposium, oral dan poster presentasi serta penghargaan bagi periset muda ini.
Adapun isu yang dibahas dalam konferensi ini antara lain: update kondisi gizi dan kesehatan di berbagai negara di Asia Tengara, Gizi Manusia dalam Seluruh Daur Kehidupannya (Ibu, Bayi dan Balita, anak usia sekolah), obesitas dan penyakit tidak menular lainya, kebijakan gizi kesehatan masyarakat, Pengalaman dalam mengimplementasikan National Plan of Action (NPAN) di tiap negara Asia Tenggara beserta kisah sukses dan tantangannya, metode terbaru dalam penilaian asupan makan dan database komposisi makanan, defisiensi gizi mikro, aktivitas fisik dalam mempromosikan kesehatan yang optimal, serta peran komposisi dan makanan fungsional dalam promosi kesehatan.
Dalam konferensi kali ini, diperoleh informasi bahwa seluruh negara Asia Tengara mengalami isu kesehatan yang sama, yakni double burden of nutrition, dimana gizi kurang, meskipun cenderung menurun prevalensinya, masih memerlukan perhatian, namun di sisi lain, gizi lebih dan penyakit tidak menukar yang berkaitan dengannya semakin meningkat dan menurunkan produktifikas penduduk. Oleh karenanya, berbagai strategi dilakukan oleh tiap negara sesuai dengan karakteristik penduduknya dan dalam kesempatan kali ini, setiap negara berbagi pengalaman kesuksesan dan pembelajaran yang dapat diraih, baik untuk negaranya, maupun negara lain di masa yang akan datang.

]]>
http://cheps.or.id/the-1st-south-east-asia-public-health-nutrition-seaphn-conference-14-17th-may-2017-in-kuala-lumpur-malaysia/feed/ 0
Pelatihan Penghitungan Unit Cost Layanan di Fasilitas Kesehatan http://cheps.or.id/pelatihan-penghitungan-unit-cost-layanan-di-fasilitas-kesehatan/ http://cheps.or.id/pelatihan-penghitungan-unit-cost-layanan-di-fasilitas-kesehatan/#respond Tue, 18 Apr 2017 01:53:50 +0000 http://cheps.or.id/?p=764 Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (PKEKK FKM UI) merupakan pusat kajian yang unggul dan fokus dalam pengembangan ilmu ekonomi dan kebijakan kesehatan salah satunya melalui pemberian pelatihan kepada sumber daya manusia di Indonesia. Sehubungan dengan hal tersebut, bersama ini kami mengundang Bapak/Ibu untuk menjadi peserta atau mendaftarkan staf Bapak/Ibu dalam “Pelatihan Penghitungan Unit Cost Layanan di Fasilitas Kesehatan” yang akan diselenggarakan pada tanggal 8,9,10 Mei 2017.
 
Pelatihan ini bertujuan memberikan kemampuan teknis bagi rumah sakit untuk dapat mengetahui struktur biaya dan menghitung biaya satuan layanan kesehatan. Dalam pelatihan ini akan dijelaskan perilaku biaya, berbagai teknik alokasi biaya, dan metode penghitungan biaya satuan. Praktek menggunakan data riil juga akan dilakukan agar peserta dapat berlatih dan mahir melakukan analisis biaya. Peserta pelatihan ini terbatas untuk 30 orang.
 
Untuk informasi lebih lanjut, Bapak/Ibu dapat menghubungi Sdri. Gemala melalui no. Tlp./Faks.: 021 7875576|HP: 085263200440 atau email: info@cheps.or.id|gemala.chairunnisa@cheps.or.id.
 
]]>
http://cheps.or.id/pelatihan-penghitungan-unit-cost-layanan-di-fasilitas-kesehatan/feed/ 0
Workshop & Training CHEPS UI pada Tahun 2017 http://cheps.or.id/workshop-training-cheps-ui-pada-tahun-2017/ http://cheps.or.id/workshop-training-cheps-ui-pada-tahun-2017/#respond Mon, 17 Apr 2017 02:17:11 +0000 http://cheps.or.id/?p=768 Center for Health Economics and Policy Studies Universitas Indonesia (CHEPS UI) merupakan pusat kajian yang unggul dan fokus dalam pengembangan ilmu ekonomi dan kebijakan kesehatan salah satunya melalui pemberian pelatihan kepada sumber daya manusia di Indonesia dan ASEAN. Sehubungan dengan hal tersebut, maka dari itu berikut adalah daftar Workshops & Training yang CHEPS UI laksanakan pada tahun 2017. Workshops & Training ini bersifat tailor-made (dapat menyesuaikan dengan kebutuhan instansi bapak/ibu baik dalam hal kombinasi subtansi, waktu, dan tempat).

]]>
http://cheps.or.id/workshop-training-cheps-ui-pada-tahun-2017/feed/ 0